KTSP
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Illahi Robbi,
atas limpahan dan rahmat-Nya sehingga KTSP SMPN Cinangka ini dapat kami revisi
untuk tahun pelajaran 2009/2010
KTSP ini disusun berdasarkan Standar Panduan yang
ditetapkan oleh BSNP dan
direvisi secara kontinyu sesuai dengan
prinsip-prinsip penyusunan kurikulum dan tuntutan kondisi jaman dan
masyarakat.
KTSP ini sebagai pedoman bagi seluruh personil sekolah
dalam rangka merealisasikan visi, misi, dan sasaran sekolah sehingga rencana
sekolah jangka panjang dapat terwujud.
KTSP ini terdiri dari latarbelakang, dasar hukum, visi
dan misi, struktur kurikulum, kegiatan pengembangan diri, kriteria
kelulusan dan kenaikan kelas, kalender
pendidikan dan lain-lain.
Tim Penyusun menyadari bahwa pembuatan KTSP ini belum
sempurna, untuk itu kami berharap saran dan kritik yang bersifat membangun
untuk perbaikan selanjutnya.
Kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
pada semua pihak, berkat bantuan dan kerjasama yang baik maka penyusunnan KTSP
ini dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.
Cinangka, Juli
2009
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta
kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan
potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum
disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di
daerah.
Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian
tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar
isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana,
pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar
nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan
kurikulum.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 (UU
20/2003) tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 tahun 2005 (PP 19/2005) tentang Standar Nasional Pendidikan
mengamanatkan kurikulum pada KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah disusun
oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada SI dan SKL serta berpedoman pada
panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Selain dari
itu, penyusunan KTSP juga harus mengikuti ketentuan lain yang menyangkut
kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.
KTSP disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan
peserta didik untuk :
1. belajar untuk beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa,
2. belajar untuk memahami dan menghayati,
3. belajar untuk mampu melaksanakan dan
berbuat secara efektif,
4. belajar untuk hidup bersama dan berguna
untuk orang lain, dan
5. belajar untuk membangun dan menemukan jati
diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
KTSP SMPN 1
Cinangka ini dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2. Beragam dan terpadu
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
6. Belajar sepanjang hayat
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah
KTSP SMPN 1 Cinangka ini disusun dengan mempertimbangkan
potensi dan kelemahan yang ada di SMPN 1
Cinangka.
Kurikulum ini dikembangkan berdasarkan beberapa prinsip
diantaranya prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk
mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa
kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dengan kurikulum ini kegiatan belajar diupayakan untuk berpusat pada siswa. Selain
itu kurikulum ini juga dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip yang lainnya
yakni beragam dan terpadu, tanggap terhadap perkembangan IPTEK, relevan dengan
kebutuhan kehidupan, menyeluruh dan berkesinambungan, belajar sepanjang hayat
dan keseimbangan antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (PPSNP)
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional nomor 22 dan 23 tahun 2006
6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang standar pengelolaan Pendidikan Dasar dan
Menengah.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Sarana Prasarana Pendidikan.
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan.
10. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2008 tentang Guru.
11. Rapat Dinas dan Musyawarah Dewan Guru, tanggal 11 Juli 2009 tentang Pembagian Tugas Guru dan Revisi
KTSP SMPN 1 Cinangka untuk tahun
2009/2010.
Struktur dan Muatan Kurikulum
1. Struktur Kurikulum :
Komponen
|
Kelas
dan Alokasi Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A.
Mata Pelajaran
|
|||
1.
Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2.
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
6.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
5
|
5
|
5
|
8.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.
Keterampilan/Teknologi informasi
dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
B.
Muatan Lokal:
|
|||
Bahasa
Arab
|
2
|
2
|
2
|
Keterampilan (Life Skill)
|
2
|
2
|
2
|
C.
Pengembangan Diri:
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
Jam Perminggu
|
37
|
37
|
37
|
2.. Muatan Kurikulum
a. Mata Pelajaran Wajib
1)
Pendidikan Agama
2)
Pendidikan Kewarganegaraan
3)
Bahasa Indonesia
4)
Bahasa Inggris
5)
Matematika
6)
Ilmu Pengetahuan Alam
7)
Ilmu Pengetahuan Sosial
8)
Seni Budaya
9)
Pendidikan Jasmani, Olah raga dan
Kesehatan
10)
Teknologi Informasi dan Komunikasi
b. Muatan Lokal:
Muatan
lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang
disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah
yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
Oleh
karena itu sekolah SMPN 1 Cinangka memilih muatan lokalnya yaitu Bahasa Arab dan Keterampilan Life Skill diajarkan
mulai kelas
7 sampai
kelas 9. Mulok Bahasa Arab
diharapkan mampu mencetak lulusan yang mampu menyimak, berbicara, membaca dan
menulis Bahasa Arab. Sedangkan Mulok Keterampilan diharapkan mampu membekali lulusan dengan keterampilan kecakapan
hidup khususnya bagi siswa-siswi yang tidak bisa melanjutkan
sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
c. Kegiatan Pengembangan Diri
Pengembangan
diri bukan mata merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru.
Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kompetensi, kebutuhan,
bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan
pengembangan diri difasilitasi dan dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga
kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk ekstrakurikuler. Kegiatan
pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling yang
berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan
pengembangan karir peserta didik.
Pengembangan
diri yang dilaksanakan di SMPN 1 Cinangka dilaksanakan hampir setiap hari setelah jam pelajaran.
Pengembangan diri di SMPN 1 Cinangka
adalah ;
1) Pembentukan Karakter Bangsa
Dengan melaksanakan kegiatan Pembiasaan :
a. Rutin
b. Terprogram
c. Spontan
d. Keteladanan
Kegitan ini dilaksanakan setiap hari.
2) Pengembangan Potensi dan Kreasi serta
Ekspresi
Melaksanakan Kegiatan Ekstra Kurikuler, Pengembangan
Bakat/Prestasi dan Imtaq :
a)
Kepemimpinan / Organisasi, Cinta Tanah Air dan Bela Negara
No.
|
JENIS KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
PEMBINA
|
1
|
OSIS/ LDKS
|
Agustus 2009
|
Suharno,S.Pd.
|
2
|
Pramuka
|
Setiap hari Jum’at Siang
|
Supriah, S.Pd.
|
3
|
PMR/UKS
|
Setiap hari Rabu
|
Drs.
Warsino
|
4
|
PASKIBRA
|
Setiap hari Selasa
|
Asep
Suarman,S.Pd.
|
b)
Seni
No.
|
JENIS
KEGIATAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
PEMBINA
|
1
|
DRUMBAND
|
Hari Senin &
Hari Kamis
|
Dudhi Miftahudin,
S.Pd
|
2
|
CIPTA PUISI DAN CERPEN
|
Setiap hari
Sabtu
|
Dra. Topipah
|
3
|
KARAWITAN
|
Setiap hari
Sabtu
|
Ade Rohayati,
BA.
|
4
|
VOKAL GROUP
|
Setiap hari
Sabtu
|
Henny
Yulianti
|
c)
Olahraga
No.
|
JENIS
KEGIATAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
PEMBINA
|
1
|
TENIS MEJA
|
Setiap hari Sabtu
|
Umrotul
Goliah,S.Pd
|
2
|
BOLA VOLLY
|
Hari Sabtu & Rabu
|
Nanang R, S.Pd.
|
3
|
SEPAK
BOLA/FUTSAL
|
Hari Sabtu & Selasa
|
Nuruddin,BA,
|
4
|
BULU TANGKIS
|
Setiap hari Sabtu
|
Nasimul Ufuq
|
5
|
ATLETIK/
BASKET
|
Setiap hari Sabtu
|
Gimun,S.Pd.
|
d)
Keterampilan
No.
|
JENIS
KEGIATAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
PEMBINA
|
1
|
KIR / Club
Mata Pelajaran
|
Selasa
|
Asep Suarman,S.Pd.
|
2
|
PIDATO &
DAKWAH
|
Jum’at
|
Madroji,S.Ag.
|
e)
Pembinaan Iman dan taqwa
No.
|
JENIS
KEGIATAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
PEMBINA
|
1
|
IMTAQ dan Kreasi
|
Setiap hari
Jum’at
|
T.
Suhartini,BA.
|
2
|
Seni Baca Al Quran (Qiroah)
|
Setiap hari
Kamis
|
Heti Juhaeti,S.Ag.
|
d. Pengaturan Beban Belajar
1)
Jumlah Jam pembelajaran efektip perminggu adalah 37 jam pelajaran
2)
Minggu Efektif untuk satu semester setiap mata pelajaran sebanyak minimal 17 Minggu atau minimal 37
minggu setahun
3)
Menggunakan sistem
paket ( bukan SKS )
4) Jam
pembelajaran untuk setiap pelajaran 40
menit / jam pelajaran.
5) Alokasi
waktu untuk praktik, 2 jam kegiatan praktik di luar sekolah setara dengan satu
jam tatap muka.
6)
Alokasi waktu untuk pengembangan diri dan pengembangan bakat dan prestasi
disesuaikan dengan jenis kegiatan.
7) Pengembangan diri
dalam rangka pembentukan karakter bangsa di seseuaikan dengan kondisi, situasi, konteks, visi dan misi sekolah.
Beban Belajar Tatap Muka
Komponen
|
Beban belajar
|
||||
Tatatap
Muka/Terstruktur
|
|||||
VII
|
VIII
|
IX
|
|||
A. Mata Pelajaran
|
|||||
1. Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
||
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
||
3. Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
||
4. Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
||
5. Matematika
|
5
|
5
|
5
|
||
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
||
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
5
|
5
|
5
|
||
8. Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
||
9. Pendidikan Jasmani, dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
||
10.
Keterampilan/Teknologi Informasi
dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
||
B. Muatan Lokal
|
|||||
1. Bahasa
Arab
|
2
|
2
|
2
|
||
2.
Keterampilan Kecakapan Hidup (Life skill)
|
2
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri
|
|||||
Jumlah Jam Perminggu
|
37
|
37
|
37
|
||
Komponen
|
Beban belajar
|
|||
Tidak
Terstruktur*)
|
||||
VII
|
VIII
|
IX
|
||
A. Mata
Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan
Agama
|
1
|
1
|
1
|
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
1
|
1
|
1
|
|
3. Bahasa Indonesia
|
2
|
2
|
2
|
|
4. Bahasa Inggris
|
2
|
2
|
2
|
|
5. Matematika
|
2
|
2
|
2
|
|
6. Ilmu Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
|
7. Ilmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
|
8. Seni Budaya
|
1
|
1
|
1
|
|
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
1
|
1
|
1
|
|
10.
Keterampilan/Teknologi Informasi
dan Komunikasi
|
1
|
1
|
1
|
|
B.
Muatan Lokal
|
||||
12. Bahasa
Arab
|
1
|
1
|
1
|
|
13.
Keterampilan Kecakapan Hidup (Life skill)
|
1
|
1
|
1
|
|
C.
Pengembangan Diri
|
||||
Jumlah
|
17
|
17
|
17
|
*) Maksimum 50% dari beban belajar terstruktur
3. Ketuntasan Belajar (Kriteria Kelulusan Minimal)
No.
|
Mata
Pelajaran
|
Aspek
Penilaian
|
RATA-RATA
|
|
Angka
|
Huruf
|
|||
1
|
Pendidikan Agama
|
Penguasaan Konsep
dan nilai-nilai
|
65
|
|
Penerapan
|
||||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
Penguasaan Konsep
dan nilai-nilai
|
60
|
|
Penerapan
|
||||
3
|
Bahasa dan Sastra
|
Mendengarkan
|
60
|
|
Berbicara
|
||||
Membaca
|
||||
Menulis
|
||||
Apresiasi Sastra
|
||||
4
|
Bahasa Inggris
|
Mendengarkan
|
60
|
|
Berbicara
|
||||
Membaca
|
||||
Menulis
|
||||
5
|
Matematika
|
Pemahaman konsep
|
56
|
|
Penalaran dan Komunikasi
|
||||
Pemecahan Masalah
|
||||
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
Pemahaman dan Penerapan Konsep
|
56
|
|
Kinerja
Ilmiah
|
||||
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Penguasaan Konsep
|
60
|
|
Penerapan
|
||||
8
|
Seni dan Budaya
|
Apresiasi
|
60
|
|
Kreasi
|
||||
9
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
|
Kemampuan Gerak Dasar
|
60
|
|
Kesehatan
|
Keterampilan cabang olah raga
|
|||
Kebugaran dan Kesehatan
|
||||
Pilihan:
|
||||
Akuatik/Pend.Luar Sekolah
|
||||
10
|
Pilihan:
|
Kreasi Produk Kerajinan
|
-
|
|
a. Keterampilan
|
Kreasi Produk Teknologi
|
-
|
||
b. Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
Etika Pemanfaatan
|
60
|
||
Pengolahan dan Pemanfaatan Informasi
|
||||
Penugasan Proyek
|
||||
11
|
Muatan Lokal
|
Penguasaan Konsep
|
60
|
|
Bahasa Arab
|
Penerapan
|
|||
12
|
Muatan Lokal
|
Penguasaan Konsep
|
60
|
|
Keterampilan
|
Penerapan
|
4. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kriteria
kenaikan kelas
Kriteria kenaikan
kelas yang digunakan sesuai dengan ketentuan PP no. 19 tahun 2005 pasal 27 ayat
(1) sebagai berikut :
1)
Berkelakuan baik sesuai dengan standar penilaian sekolah; (mendapatkan point pelanggaran dibawah 90).
2)
Prosentase kehadiran dalam kegiatan belajar pada semester genap
sekurang-kurangnya 80% (alpa kurang dari
20%) kecuali dengan alasan yang dapat dipertanggungjawabkan.
3)
Telah mencapai kriteria
ketuntasan belajar
minimal (KKM)
yang ditetapkan oleh sekolah pada semua mata pelajaran.
4)
Nilai Kurang tidak lebih dari 3 mata pelajaran, hasil akumulasi semester ganjil dan
genap.
b. Kelulusan
Sesuai dengan ketentuan PP 19 tahun 2005 Pasal 72 Ayat
(1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan
dasar dan menengah jika memenuhi standar kelulusan UN sesuai ketentuan Permen
Diknas nomor 45 tahun 2006 dan Permen nomor 2 tahun 2007.
1). Kelulusan Ujian Nasional
a). Peserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi
standar kelulusan UN sebagai berikut :
(1)
Memiliki nilai rata-rata minimum 5,0
untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan
tidak ada nilai di bawah 4,25, atau
(2)
Memiliki nilai minimum 4,00 pada salah satu mata pelajaran dengan nilai
pada 2 (dua) mata pelajaran lainnya masing-masing minimum 6,00.
b). Kabupaten / kota dan atau satuan
pendidikan dapat menentukan standar kelulusan UN lebih tinggi dari k
riteria a /b.
2).
Kelulusan Ujian
Sekolah
Peserta didik dinyatakan lulus ujian
sekolah apabila memiliki rata-rata nilai minimum 6,00 dan nilai minimum setiap
mata pelajaran Ujian Sekolah adalah 5,0.
3). Kelulusan dari Satuan Pendidikan
Peserta didik dinyatakan
lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran (seluruh mata pelajaran)
b. lulus ujian sekolah; dan
c. lulus Ujian Nasional.
d. Tidak melakukan hal-hal yang asusila yang
dibuktikan dengan nilai poin pelanggaran tata tertib tidak lebih dari 95 pada
saat kelas IX.
5. Jumlah Minggu Efektif
SEMESTER
|
HARI
|
MINGGU
/ HARI LIBUR
|
JUMLAH
|
JUMLAH
|
|||||
MG
|
LKH
|
LU
|
SMT
|
JML
|
HARI
|
MINGGU
|
|||
GANJIL
|
EFEKTIF
|
PERTAMA
|
KALENDER
|
EFEKTIF
|
|||||
JULI 2009
|
16
|
4
|
1
|
10
|
16
|
31
|
3
|
||
AGUSTUS 2009
|
23
|
5
|
1
|
6
|
31
|
4
|
|||
SEPTEMBER 2009
|
14
|
4
|
10
|
2
|
16
|
30
|
3
|
||
OKTOBER 2009
|
27
|
4
|
4
|
31
|
4
|
||||
NOPEMBER 2009
|
24
|
5
|
1
|
6
|
30
|
4
|
|||
DESEMBER 2009
|
19
|
4
|
3
|
5
|
12
|
31
|
1
|
||
JUMLAH
|
122
|
27
|
21
|
7
|
20
|
75
|
184
|
19
|
|
SEMESTER
|
HARI
|
MINGGU
/ HARI LIBUR
|
JUMLAH
|
JUMLAH
|
|||||
MG
|
LKH
|
LU
|
SMT
|
JML
|
HARI
|
MINGGU
|
|||
GENAP
|
EFEKTIF
|
PERTAMA
|
KALENDER
|
EFEKTIF
|
|||||
JANUARI 2010
|
24
|
5
|
1
|
1
|
7
|
31
|
4
|
||
FEBRUARI 2010
|
24
|
4
|
4
|
28
|
4
|
||||
MARET 2010
|
27
|
4
|
4
|
31
|
3
|
||||
APRIL 2010
|
26
|
4
|
4
|
30
|
4
|
||||
MEI 2010
|
26
|
5
|
-
|
31
|
3
|
||||
JUNI 2010
|
17
|
4
|
9
|
13
|
31
|
1
|
|||
JUMLAH
|
144
|
26
|
1
|
10
|
42
|
181
|
19
|
||
Keterangan :
|
|||||||||
M
|
: Minggu
|
||||||||
LKH
|
: Libur Khusus
|
||||||||
LU
|
: Libur Umum
|
||||||||
SMT
|
: Libur Semester
|